Strategi Buku Kita Terjual
Judul : Strategi Buku Kita Terjual
Resum
ke : ke-10
Gelombang : 20
Tanggal : 2 Agustus 2021
Narasumber : Agus Subardana
"Hiburlah hatimu, siramilah ia
dengan percik-percik hikmah. Seperti hasilnya fisik, hati juga merasakan letih". – Ali bin Abi Thalib
Malam
kesepuluh ini saya akan mendapatkan bagaimana kita dapat memasarkan buku di
masa pandemi. Buku ...tak semua menikmati buku bagian dari bahan pokok
sehari-hari, bahkan tak akan terfikir untuk membeli buku saat pandemi, di mana sebagian
besar masyarakat saat ini untuk mendapatkan makanan layak memenuhi kecukupan
gizi sangat sulit, harus bekerja keras untuk menikmatinya.
Narasumber Bapak Agus menggambarkan kondisi penjualan buku di masa pandemik ini bahwa jaringan penjualan buku pada tutup, pengunjung banyak pertimbangannya untuk mengunjungi toko buku/Mal dikarenakan rasa kekhawatiran yang cukup tinggi atas pandemik tersebut.penurunan omset di toko buku, penerbit mengurangi distribusi ke toko buku, dan beberapa penerbit buku gulung tikar.
Namun
demikian, para pecinta buku terus membangkitkan minat baca buku bahkan dimasa
pandemik dijadikan moment penting untuk kumpul bersama keluarga dengan beragam
cara agar anak-anak bahkan anggota keluarga lainnya merasa nyaman berada di
dalam rumah yang berlangsung lama waktunya.
Salah satunya
dengan membangun kembali minat baca lewat cerita, anak-anak bergantian berbagi
cerita setiap hari, dan aktivitas berkumpul sesering mungkin.
Buku
merupakan salah satu sumber ilmu pengetahuan dan sarana utama bagi proses
pembelajaran serta sarana penyampaian
informasi. Sejak usia dini, anak – anak telah diperkenalkan pada buku dan
diajarkan untuk membaca beraneka ragam terbitan buku.
Dalam rangka
mempersiapkan generasi muda yang cerdas dengan minat baca yang tinggi khususnya
anak-anak, pemerintah mendorong kegiatan membaca sebagai wujud dukungan dan
tindakan nyata dalam membangun budaya membaca sejak dini. Dukungan pemerintah
terhadap budaya membaca buku dan meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap
buku, menciptakan peluang usaha bagi pengusaha yang bergerak di bidang
penerbitan buku.
Namun
kondisi pandemik yang berkepanjangan ini strategi pemasaran penjualan buku harus
dinamis dan mengikuti situasi yang ada agar bidang usaha penerbitan buku dapat
survive dimasa covid 19.
Kalau di
perhatikan sebelum pandemik hadir penjualan buku di toko besar sangat besar
namun bulan Maret di awal pandemik
sampai bulan Mei 2021 penurunan semakin signifikan, apalagi di masa PPKM
yang sudah memasuki 30 hari. Tentunya kita harus mengubah strategi pemasaran
penjualan buku yaitu lewat digital marketing.
contohnya penerbit Andi, Pilihan strategi pemasaran
penjualan buku sangat dipengaruhi oleh banyak aspek dan unik . Kenapa demikian
, hal ini dapat dilihat dari jenis – jenis buku yang di terbitkan. Jenis –
jenis buku yang di terbitkan tersebut dikelompokan menjadi katagori buku. Salah
satu contoh Penerbit ANDI Offset menerbitkan buku cukup banyak katagori produk
yaitu ada 32 katagori produk buku ( Katagori buku Anak, buku Bisnis, Buku
Pertanian, Buku Fiksi - Novel, Buku Pengembangan Diri, Buku Teks , dll ).
Dari jenis –
jenis katagori buku tersebut kita akan melakukan pemetaan berdasarkan
segmentasi jenis katagori buku yang diterbitkan . Pada umumnya kegiatan
pemasaran buku berkaitan dengan berkoordinasi beberapa kegiatan bisnis .
Sehingga
strategi pemasaran pada umumnya di pengaruhi oleh faktor yang meliputi :
1. Faktor Mikro , yaitu perantara, pemasok, pesaing dan
masyarakat.
2. Faktor Makro yaitu demografi-ekonimi, politik-hukum,
teknologi-fisik dan sosial-budaya.
Saat ini dalam menjalankan bisnis Penerbitan Buku yang jalankan masuk dalam faktor keduanya yaitu
Faktor Mikro dan Makro. Hal ini dikarenakan Penerbit ANDI Offset sudah termasuk
Industri Penerbitan buku, dengan usianya sudah mencapai 40 tahun dan telah
menerbitkan buku lebih dari 10.000 judul buku yang telah di kelompokkan menjadi
32 katagori.
Strategi
Pemasaran buku yang telah dipetakan menjadi dua strategi pemasaran yaitu
Strategi Pemasaran Buku serangan Udara dan strategi pemasaran buku serangan
Darat, dengan berlandaskan pada faktor mikro dan faktor makro tersebut di atas.
Dua strategi tersebut dapat kita jelaskan secara singkat sebagai berikut penjelasan saya di atas lebih banyak
mengunakan penjualan secara On Line (market place, web site,dll)
Contohnya
Penerbit Andi telah mempunya 87 cabang di kota dari Aceh s.d Papua, dengan
menempatkan tenaga pemasaran di tiap kantor cabang tersebut.
Strategi
pemasaran buku serangan darat ini kita kelompokkan berdasarkan target pasar
yang kita tuju , antara lain :
1. Tetap terhubung dengan pelanggan Buku di
media sosial
2. Pastikan buku yang akan dijual sudah ditemukan
online
3. Pemasaran buku lewat komunitas
4. Menjadi yang terdepan dibandingkan
kompetitor
5. Menawarkan promo khusus
6. Menjadi brand yang tanggap situasi dengan
menumbuhkan empati,
Yaitu
cepat pengirimannya, mencarikan buku sesuai dengan keinginan konsumen, dan jika
ada komplain memberikan solusi yang jelas
Catatan singkat ini memberikan pandangan kapada
para penerbit buku untuk terus berupaya untuk menerbitkan buku-buku yang layak
untuk diterbitkan dan dibaca bagi masyarakat umumnya.
Tentunya para pegiat tulisan tetap semangat untuk
mencari inspirasi agar talenta menulis tetap mengalir sederas air terjun di
tengah hutan gunung salak yang terus mengalir mencari muara akhir, untuk dapat
dinikmati para pendaki.
Mantap Bu,😊
BalasHapusbanyak belajar dari bu winda
HapusAnalogi di closing nya kereen, resumenya rapi, sukaaaa
BalasHapustrimksh bu dosen...terus bimbing saya ya...
HapusThis brief provides a view for book publishers to continue to strive to publish books that are worthy of publication and reading for the general public.
BalasHapusOf course, the writing activists remain eager to find inspiration so that the writing talents still flow as deep as a waterfall in the middle of the forest of mount salak that continues to flow in search of the final estuary, to be enjoyed by climbers.
trimksh Bapak Blogger Indonesia..
HapusMateri yg lmyan berat terasa ringan dibacanya.. krn bahasany renyah..kereen
BalasHapustrimksh bu atas suportnya
Hapuscukup singkat dan padat..keren
BalasHapustrimksh bu..atas suportnya
HapusTumben Om Jay..panjang lebar, bahasa Inggris pula ...resume yg keren 👍
BalasHapus🥰🥰🔥🔥
BalasHapusSelalu ada pengiat yang bersemangat untuk menghaturkan karya terbaiknya.👍
BalasHapussiap buu trimksh
HapusWah.....gambaran yang menarik untuk memotivasi penulis... Semoga talenta kita tetap Mengakie sederas akan r terjun......😀
BalasHapusAamiin..trimksh ya bu Sekretaris
HapusKutipan Ali bin Abi Thalib mencuri perhatian
BalasHapusLengkap sekali bu, hebat ...
BalasHapusmantap bu.. sangat menginspirasi
BalasHapusSemoga banyak orang yang baca dan mendapatkan banyak manfaatnya
BalasHapusIndahnya segores pena Bu Endang. Resume yg lengkap enak dibaca. Semangat bu
BalasHapusSelalu ada kata pembuka yang memotivasi membuat semangat
BalasHapusSukses Mom.
BalasHapusSelalu menjadi kelompok terdepan
Bagus bu. Sudah banyak perkembangan dalam menulis. Semangat bu
BalasHapusWaaahh tulisannya bagus sekali, semangat terus ibu endang
BalasHapusSukses untukmu.
BalasHapusMantap Bu, luar biasa resumnya enak dibaca
BalasHapusMantap dibaca
BalasHapusKereen 🤩
BalasHapus